Kamis, 29 November 2012

Panada

 Panada ini adalah cemilan keluarga yang sering dibuat sama ibuku dari aku dan kakakku masih kecil sampai sekarang sudah punya cucu, mamaku gak pernah bosan buatin panada ini.

Sebenarnya ibuku punya resep tersendiri tapi untuk yang aku buat ini aku menggunakan resep dari primarasa, yang aku ganti hanya bahan isiannya saja menggunakan cakalang asap yang aku olah menjadi cakalang pampis.

berikut rincian bahan dan cara membuatnya.

PANADA ISI CAKALANG

BAHAN

Kulit:
250 gram tepung terigu
2 sdt ragi instant
1 btr telur ayam
40 gram gula pasir
1/4 sdt garam
125 ml susu hangat
Minyak untuk menumis dan menggoreng

Isi:
200 gram cakalang asap, suwir-suwir, lumuri dengan air jeruk lemon cui
1 lmb daun pandan, potong-potong
1 btg serai, iris halus
50 gram daun kemangi
3 lmb daun jeruk iris halus
1 ruas jahe, digeprak

Bumbu Halus:
3 buah cabai merah
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih

CARA MEMBUAT


  1. KULIT: Campur tepung terigu dengan ragi, aduk, masukkan telur, gula dan garam. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tidak melekat di tangan. Bulatkan adonan, diamkan kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang.
  2. ISI: Panaskan 2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ikan, daun pandan, serai, daun jeruk, aduk. Beri garam secukupnya. Tuang air sedikit, masak hingga agak mengering, masukkan daun kemangi. Aduk hingga daun kemangi layu, angkat.
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 12 bagian, bulatkan. Ambil satu bagian, pipihkan, taruh 1 sdm adonan isi di atasnya.
  4. Lipat dua hingga isi terbungkus kulit dan membentuk setengah lingkaran. Pilin kelilingnya hingga rapat. Lakukan hingga adonan kulit dan isi habis.
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan. Masukkan Panada, goreng di atas api sedang hingga warnanya kuning kecoklatan, angkat. Tiriskan.

Hidangkan untuk keluarga tercinta anda di rumah, selamat mencoba!



Tidak ada komentar: